Gunakan Teknologi Smart APPIL, Dishub Lakukan Perawatan Traffic Light di Simpangan Batuah

MARTAPURA, InfoPublik - Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar melakukan perawatan dan penggantian Modul Hard Ware Traffic Light di Kawasan Pasar Batuah Martapura, Selasa (28/5/2024).

 

Kegiatan yang dilaksanakan Bidang Lalu Lintas Perhubungan Darat ini di pantau langsung Kadishub Banjar I Gusti Nyoman Yudiana.

 

Nyoman Yudiana mengatakan guna mendukung kelancaran berlalu lintas masyarakat sehari-hari di sekitar kawasan pasar. dimana modul Hardware ini menggantikan fungsi manual dari seri APILL Otonom, Modul ini berfungsi menjadi pusat sistem operasional dari Smart APILL. 

 

“Hal ini merupakan prioritas karena APILL sangat penting demi kelancaran dan keselamatan pengguna lalu lintas untuk mengatur kelancaran lalu lintas di suatu persimpangan dengan cara memberi kesempatan pengguna jalan masing-masing arah untuk berjalan secara bergantian,” ujarnya.

 

Selain itu Nyoman juga menambahkan fungsi Traffic Light ini begitu penting maka lampu lalu lintas harus dikendalikan atau dikontrol semuda dan seefisien mungkin guna memperlancar arus lalu lintas di suatu parsimpangan jalan. Seiring dengan perkembangan zaman yang juga disertai dengan perkrmbangan teknologi, jumlah kendaraan terus bertambah sehingga lalu lintas juga semakin padat.

 

“Akan tetapi hal tersebut tidak diikuti dengan perkembangan infastruktur yang ada. Perkembangan tersebut membawa dampak system lalu lintas yaitu system pengaturan waktu penyalaan Traffic Light.

 

Menurut Nyoman sebagian besar pengendalian pewaktuan system traffic light yang ada pada saat ini masih menggunakan pewaktu yang sudah terpasang pada sistemnya yang tidak memiliki fitur pengaturan pewaktuan penyalaan. Hal itu menyebabkan operator tidak dapat mengubah-ubah waktu nyala lampu lalu lintas pada tiap-tiap saat, untuk menyesuaikan kondisi jalan dan kepadatan kendaraan yang ada pada tiap ruas jalan. Hal itu sebagian kekurangan dari pengendalian Traffic Light pada saat ini.

 

Dishub Banjar pun juga menerima laporan dari masyarakat melalui media sosial berupa Instagram, dan masyarakat pun dipersilakkan melaporkan langsung dan akan ditindaklanjuti secara cepat oleh Dishub Banjar demi meningkatkan keselamatan dan keamanan masyarakat dalam berkendara,” tutupnya. (Brigade/DIshub/Subhan)


Komentar