Fraksi DPRD Banjar Setujui Raperda APBD 2024 Dibahas ke Tahap Selanjutnya

Martapura, InfoPublik - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Banjar kembali menggelar Rapat Paripurna dengan agenda Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi terhadap Rencana Peraturan Daerah (Raperda) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2023, di Lantai II Gedung DPRD Banjar, Martapura, Rabu (6/9/2023).

 

Salah satu Fraksi DPRD Banjar yaitu Fraksi Partai Gerindra menyampaikan pemandangan umumnya yang dibacakan Syarkawi bahwa penyusunan APBD tahun 2024 harus sejalan dengan upaya  Pemerintah Daerah dengan mempercepat pembangunan infrastruktur yang berkualitas.

 


"Segala perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan evaluasi APBD oleh Pemerintah Daerah mengacu pada peningkatan kesejahteraan rakyat Kabupaten Banjar," harap Syarkawi.

 

Ia mengungkapkan setelah mempelajari nota keuangan secara ringkas, Fraksi Partai Gerindra menyimpulkan pendapatan daerah tahun 2024 dianggarkan sebesar Rp 1,75 Triliun, sementara pada belanja daerah tahun 2024 dianggarkan sebesar Rp 1,90 Triliun mengalami defisit anggaran.

 

"Fraksi Partai Gerindra memberikan saran antara lain adanya selisih defisit antara pendapatan dan belanja daerah,Fraksi Gerindra berharap pengelolaan kekayaan daerah dan menjaga Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan konsisten serta dapat ditingkatkan penerimanya,"ungkap Syarkawi.

 

Selain itu Fraksi Gerindra mendorong upaya pemerintah daerah dalam pertumbuhan ekonomi berbasis keluarga, lingkungan, warga masyarakat, komunitas dan memberi ruang tumbuhnya inovasi dari berbagai sektor yang produktif.

 

Begitu juga Fraksi-Fraksi lainnya menyampaikan Pemandangan umumnya yaitu dari Fraksi Partai PPP, Golkar, Nasdem, Demokrat, Kebangkitan Demokrasi Indonesia dan Amanat Sejahtera Rakyat.

 


Semua Fraksi menyetujui Raperda tentang APBD TA 2024 untuk dibahas ke tahap selanjutnya sesuai dengan prosedur dan peraturan perundangan-undangan yang berlaku.

 

Turut hadir Sekda Banjar HM Hilman, Unsur Forkopimda, Para Asisten dan Staf Ahli serta sejumlah Kepala SKPD lingkup Pemkab Banjar. (Media Center Banjar/Faidillah/Man)


Komentar