Bakesbangpol Gelar Penguatan Peran FKDM Tingkat Kecamatan

Martapura, InfoPublik – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Banjar Gelar Fasilitasi Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Tingkat Kecamatan Tahun 2022, di aula Bakesbangpol, Rabu (7/12/2022).

Acara tersebut dibuka oleh Kepala Bakesbangpol Safrin Noor, narasumber dari FKDM Kal-Sel M. Irfan, Polres Banjar diwakili Kunarso Sat Intelkam Banjar, Pasintel Kodim 1006/Bjr  Hadi Sutrisno.

Safrin Noor mengatakan  demi terciptanya keamanan, ketertiban dan ketentraman perlu membangun kemampuan serta mengembangkan potensi dan kekuatan masyarakat dalam menangkal, mencegah dan menanggulangi segala bentuk pelanggaran hukum dan bentuk-bentuk gangguan lainnya yang dapat meresahkan masyarakat upaya tersebut dilakukan dengan membentuk Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM).

Dari tingkat Kecamatan sampai Kabupaten, FKDM harus mempunyai rasa solidaritas, solid dan mempunyai kekompakan bagaimana berkoordinasi dengan baik dengan para Kepala Desa, Camat dan sampai tingkat Kabupaten dalam menyampaikan tentang kepedulian dan kewaspadaan.

“perlu di sampaikan bahwa sekitar perlu adanya kewaspadaan yang menjadi perhatian kita bersama yaitu Narkoba, karna pemerintah menerapkan Indonesia darurat narkoba strategi- strategi  yang tanpa kita sadari sudah ada di depan mata kita, maka dari itu perlu perhatian dari program FKDM termasuk radikalisme, terorisme perlu menjadi perhatian kita bersama," terang Safrin.

Hadi sutrisno menyampaikan agar tercipta suasana kondusif diperlukan deteksi dini dan  cegah dini  oleh FKDM Kab. Banjar guna mendukung visi misi manis, sebagai bahan penyamaan persepsi bagi FKDM Kab. Banjar dalam mengambil sikap  tindakan yg tepat untuk melaksanakan deteksi dini cegah dini dalam rangka cipta yang kondusif

Deteksi dini cegah dini merupakan tindakan preventif dan sangat penting dalam  hadapi dinamika kehidupan kewilayahan serta dilaksanakan secara terpadu antara tni, polri, pemda dan  masyarakat sesuai dengan profesi  tugasnya masing- masing.

Kunarso juga mengatakan “pentingnya memelihara,keamanan dan ketertiban masyarakat pemeliharaan keamanan melalui upaya penyelenggara fungsi kepolisian  dilaksanakan polri yang dibantu oleh masyarakat, membantu untuk mensosialisasikan tugas-tugas polri membantu untuk mencegah masyarakat agar tidak menjadi korban pelaku kejahatan, kecelakaan dan terorisme kerjasama kegiatan harkamtibmas memberikan masukan terhadap tugas Polri”.

Sementara itu di tambahkan M. Irfan Peran FKDM ini menjadi sangat elementer dalam mengantisipasi datangnya ancaman. Karena itu, “FKDM itu harus memiliki prinsip temu cepat dan lapor cepat agar menjadi dasar dalam penyelenggaraan tugas dan fungsi FKDM di daerahnya masing-masing, usahakan untuk bisa mendapatkan Sari Informasi dari apa yang dilihat dan didengar, dan segera dilaporkan secepatnya (minimal memenuhi unsur apa yang dilakukan,  bilamana terjadi,  dimana tempatnya)," tutup dia.

Acara diakhiri dengan dialog antara anggota FKDM.

Acara ini  dihadiri  peserta dari FKDM Kabupaten Banjar, FKDM  Kec Martapura, FKDM  Kec Martapura Timur, FKDM Kec. Astambul, dan  FKDM Kec Karang Intan. (IP Kab. Banjar/Brigade/Yati/Bakesbangpol)


Komentar